Sunday, June 21, 2009

An Ancient Love Story

An Ancient Love Story [Intrigue & Romance In Heian Times]
User Rating: / 0
Written by Anisa a.k.a blueaholic
Sunday, 19 October 2008

Merupakan manga karya Naomi Yamauchi (diadaptasi dari novel karya Saeko Himuro), yang berlatar belakang pada zaman Heian. Manga ini bercerita tentang seorang puteri keluarga Dainagon (penasehat agung) berwatak keras (cenderung tomboy), yang menolak untuk dijodohkan hingga kesekian kalinya dan bahkan bertekad melajang seumur hidup karena suatu trauma akan masa lalu. Ia juga percaya tidak ada laki-laki lain yang sebaik cinta pertamanya di masa kecil. Namun siapa sangka seorang lelaki yang lebih muda usianya mampu membuatnya jatuh cinta dan membuatnya memikirkan pernikahan.

Ruri (16) , putri keluarga Dainagon tersebut, adalah seorang gadis yang cerdas, periang, dan banyak akal. Sepintas tidak seperti gadis pada umumnya dan terkesan tidak memiliki sopan santun. Namun, kelincahannya dan sifat mudah penasaran telah membawanya memecahkan beberapa kasus. Kasus yang pertama berhasil diungkapnya adalah rencana telubung sekelompok orang yang ingin menjatuhkan putra mahkota.

Pada awalnya mungkin manga ini terlihat seperti romance manga yang alur ceritanya sudah tertebak. Tapi menginjak chapter-chapter selanjutnya akan terlihat adanya intrik – intrik berhubungan dengan kekuasaan, balas dendam, dsb. Intrik yang terjadi di dalam buku ini cukup menarik dan membuat penasaran. Kehadiran intrik-intrik ini pulalah yang menyebabkan rencana pernikahan Ruri dan kekasihnya menjadi tertunda. Kisah percintaan tergambar dengan manis dan ringan, benar-benar terasa tempoe doeloe (XD). Tapi jangan berharap kisah percintaan mendominasi cerita. Dalam manga ini sering kali disisipkan istilah-istilah kuno, membuat kita belajar sedikit tentang kebudayaan jepang terutama di zaman Heian.

Dalam hal artwork mungkin terlihat kurang menarik dan khas manga jaman dulu (manga ini dibuat tahun 1997). Dari sisi cerita secara keseluruhan, mungkin sudah tak perlu diragukan lagi karena bagaimanapun juga manga ini berasal dari novel karya Saeko Himuro yang sudah cukup terkenal di Jepang. Dari sebuah niovel terkenal lantas diadaptasi menjadi sebuah manga bukanlah hal yang mudah. Tapi di tangan Yamauchi-san, manga ini terlihat hidup dan menarik. Komentar-komentar positif juga terlampir di akhir halaman. Membuat kita yakin bahwa manga ini patut untuk diikuti (sekalipun lumayan tebal, haha)

Manga ini diterbitkan sebanyak 8 buku oleh Hakusensha, dan di Indonesia sendiri telah diterbitkan sebanyak 3 buku.oleh M&C!

Rate: 8/10


Details

Original Title: Nante Suteki Ni Japanesque

Original Work: Saeko Himuro

Mangaka: Naomi Yamauchi

Indonesian publisher: m&c!

No comments:

Post a Comment